Gus Dur, Harimau Njombang


Sebenarnya banyak yg jauh lebih paham, siapa Gus Dur dan bagaimana sejarah kehidupan beliau. Aku sendiri, dengan kapasitas terbatas, mempelajari beliau dari beberapa tulisan pemikiran beliau di www.gusdur.net, biografi Gus Dur hasil pinjeman dari salah satu senior, dan acara2 diskusi di televisi.



Bagiku, Gus Dur memang tokoh NU yg populis sekaligus kontroversial. Mulai dari masalah kedekatannya dengan tokoh2 Israel sampai pada peranan beliau dalam menggaungkan pemikiran liberal. Beliau besar bukan karena sebagai cucu pendiri NU, tp lebih karena sumbangan pemikirannya, yang boleh saya bilang orisinil meski kadang nyeleneh, melawan arus. tapi itulah Gus Dur, satu bagian kecil contoh wong Njombang dengan segala keunikannya, menanjak dan melukis sejarah bangsa Indonesia dengan kuas-kuas peradaban.Ah..jadi teringat dulu sekitar tahun 2002, waktu masih kelas 2 SMU, bersama adik sepupu main ke alon-alon kota Njombang, melihat acara temu warga PKB Njombang. disitulah, setidaknya, saya yang bukan keturunan kyai, wong ndeso biasa pol, bisa berkesempatan bertemu secara 'fisik' dan bahkan memeluk beliau, meski saja hampir digebugin Banser...heheh. Di waktu itulah, saya baru bisa merasakan atmosfer kharismatik beliau, yang selama itu hanya saya dengar dari orang lain. kini hampir tujuh tahun berlalu, Allah SWT telah mengeksekusi takdirNya, menjemput beliau untuk kembali ke haribaanNya. Satu lagi "Harimau Jombang" telah pergi meninggalkan kita semua.Selamat jalan Gus Dur, semoga amal ibadah anda diterimaNya, dan diampuni dosa olehNya. Amiin

dari aku yang baru lulus,

Taufan Rahmatullah, S.Pt

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...