AFK PROJECT 5S (1)

Jujur! Saya bukan pakar 5S, saya hanya masih kepengen jadi pakar 5S ;). Keinginan menulis tentang 5S ini pun timbul baru ini saja. Celakanya, saya agak bingung ini, apa yang mesti saya tulis tentang Project 5S yang sedang saya rintis bersama tim di AFK (PT.Agrofauna Kertosari). Permasalahan pertama, saya belum sepenuhnya paham 5S itu sejatinya bagaimana, yang kedua, rekan satu tim project juga belum semua paham 5S (waduuh...), ketiga karyawan di N-level malah jauh ga paham lagi dengan 5S ini, hehe...ok cukup nge-ludruknya. Nah, saya akan cerita sedikit seputar 5S yang sedang saya garap ini. Apa itu 5S?..
Kalau anda googling dengan keyword 5S anda akan menemui begitu banyak situs yang menjelaskan apa itu 5S, entah dari yang hanya sekedar teks dan gambar, sampai pada video tutorialnya di Youtube. Dalam pemahaman saya, 5S itu sistem, dia juga sebuah metode atau cara yang merubah mindset atau pola pikir setiap manusia (pekerja) dalam sebuah tempat/komunitas/sistem/perusahaan untuk membentuk dan mengelola suatu lingkungan hidup/kerja menjadi jauh lebih baik.
Terdiri dari lima (5) kata dari bahasa Jepang yaitu :
  1. Seiri (Ringkas)
  2. Seiton (Rapi),
  3. Seiso (Resik)
  4. Seiketsu (Rawat) 
  5. Shitsuke (Rajin)
Nah 5S ini juga populer dengan istilah 5R di Indonesia, dan sangat banyak diterapkan di perusahaan manufaktur seperti Toyota, Daihatsu, Nestle dan masih banyak lagi lainnya. Dari yang saya dapat di training 5S, konsep 5S ini adalah landasan untuk melaksanakan manajemen KAIZEN, KAI = perubahan, ZEN = lebih baik, artinya setelah 5S sukses diterapkan maka indikator kesuksesannya adalah perubahan lebih baik dalam segala aspek. Untuk 5S ini penekanan perubahannya adalah di aspek safety, kenyamanan namun efektif dan efisien. Mas trainer 5S nya bilang ke saya, kalau konsep 5S ini sifatnya universal, artinya bisa diterapkan dimanapun, tidak hanya di perkantoran atau pabrik, bahkan di level rumah tangga, atau kamar pribadi anda, konsep ini BISA diterapkan. Sekarang bagi saya dan tim, tantangannya adalah bisa tidak ke-universal-an 5S diterapkan di sebuah perusahaan peternakan sapi,seperti tempat saya bekerja sekarang?..bagaimana tahapan langkah yang dilakukan agar 5S ini sukses diterapkan?..Selengkapnya akan saya jelaskan di posting berikutnya, ok :) 

5S Aku Bisa, 5S Kita Semua Bisa 

11 comments:

  1. omah mediun kok iso ra njowo iki piye toh?..hahaha

    ReplyDelete
  2. hohoho,..
    aq g njowo boz masalah template, klo punyaku itu misalnya postingan cuma dikit g sampe ke batas comment maka otomatis ke kiri tuh baris comment, archieve n sampe ke bawah. Tapi klo postingan panjang ya normal-normal aja.

    biarin dulu aja seminggu-an boz, ntar klo g ada perubahan, berarti harus maen html template, besar kecilnya kolom.

    punyaku kemaren beberapa error di archieve, koment n blogroll, tapi sekarang udah normal.

    saranku sih, coba akses blogmu ini lewat komputer-komputer lain boz, kadang tampilannya beda.

    klo di tempatku, blogmu ini kebesaran jadinya boz, maybe klo di layar datar yang wide/panjang tuh ni tampilan blog normal, tapi klo di layar standart jadi muncul scroll ke sampingnya.

    sorry boz, g bisa bantu banyak ^_^

    ReplyDelete
  3. wah aneh ya..klo tampilan depan kolom samping jd dibawah, klo liat postingan yg skg,normal lg...aneh bin ajaib nih blogspot..hehehe,suwun boz... :)

    ReplyDelete
  4. hehehe susah bos managemen 5R ato 5S,,, tapi klo liat Jepang rapihnya minta ampun hanya dengan 5S ngiri juga

    ReplyDelete
  5. komentar dr teman2 saya yg sudah pengalaman lama,jg bilang susah bos..sy jd makin penasaran,susahnya sprti apa..hehe..salam kenal

    ReplyDelete
  6. komen nya, bukan masalah isi
    tapi masalah tampilan,
    Ringkas, ( cuma tinggal 2 huruf )
    Rapi, ( 5S bentuk karakter yg hampir sama )
    Resik ( sampek gak ketok opo2 / peteng )
    Rawat ( sering dilihat )
    Rajin ( di komentari dewe )

    hehehe
    asbun, sorry

    ReplyDelete
  7. ok bos..trims komennya, salam sukses! :)

    ReplyDelete
  8. terima kasih banyak Gan atas informasinya, semoga ini bermanfaat.
    mebel jepara berkualitas

    pengen punya kerajinan tangan yang unik dan antik dengan harga terjangkau sertadibuat oleh pengrajin kota Jepara Jawa Tengah????? temukan kerajinan-kerajinan tersebut hanya di mebel jepara berkualitas

    mebel dan aksesoris jepara berkualitas

    ReplyDelete
  9. terima kasih banyak Gan atas informasinya, semoga ini bermanfaat.
    mebel jepara berkualitas

    pengen punya kerajinan tangan yang unik dan antik dengan harga terjangkau sertadibuat oleh pengrajin kota Jepara Jawa Tengah????? temukan kerajinan-kerajinan tersebut hanya di mebel jepara berkualitas

    mebel dan aksesoris jepara berkualitas

    ReplyDelete
  10. @toko mebel jati jepara : iya,trims juga atas visitnya...smg usahanya sukses :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...