Presiden AS Obama : Harapan barukah?

An endorsement of ObamaImage by bobster1985 via Flickr
Barrack Hussein Obama akhirnya resmi menjadi presiden AS ke 44. banyak pengamat politik, tokoh, dan bahkan rakyat biasa tidak hanya di Amerika tapi juga di beberapa negara lain termasuk Indonesia begitu menaruh harapan tinggi terhadap presiden AS baru ini.
yah, saya sendiri sih pada dasarnya juga menaruh harapan tinggi bahwa presiden ini bisa 'sedikit' merubah gaya diplomasi AS yang di masa-masa Bush cenderung represif, kasar dan ya banyak kurang inteleknya. meski demikian ekspektasi yang terlalu tinggi kayaknya kurang bijak juga, terutama masalah isu teroris dan konflik palestina-israel. sampai detik ini, Obama masih menunjukkan sikap pro-Israel, tidak ada kecaman untuk agresi militer Israel dan cenderung menganggap Hamas sebagai kelompok teroris. Padahal Hamas adalah representasi kuat rakyat Palestina yang menang secara demokratis di pemilu Palestina. Hmmf....tapi apa boleh buat, untuk saat ini memang hampir seluruh aspek kehidupan mulai dari makanan hingga informasi sudah dikuasai oleh "musuh Islam', maksud saya adalah yang tidak suka dengan kehidupan merdeka dan sejahtera rakyat Islam di semua negara. Media yang menjadi kekuatan utama propaganda AS terhadap negara-negara yang berlawanan kepentingan akan dengan mudahnya dijustifikasi sebagai negara pembangkang, sarang teroris, antidemokrasi dan lain-lain.
Oleh karena itu kehadiran Obama sebagai pemimpin AS yang baru, perlu kita sikapi dengan proporsional, tidak usah berharap terlalu tinggi, terutama umat Islam dunia, toh pada dasarnya di AS sendiri logika kepemimpinannya "masih ada langit di atas langit", kita nggak tau siapa sebenarnya yang lebih berkuasa dibalik kepemimpinan Obama. Bagi yang penting adalah terus bergerak semaksimal mungkin sebagai bagian dari umat Islam untuk membangun peradaban yang lebih Islami terutama masalah ukhuwwah Islamiyah, minimal dengan keluarga, teman maupun tetangga.


Reblog this post [with Zemanta]

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...