TIPS PAKAN : Uji Kandungan Sekam Pada Katul (2)

rice diagram borderKalau anda tidak cukup modal, tapi juga ingin bisa menguji kandungan sekam pada katul, anda bisa melakukan uji praktis ini. Caranya, anda ambil segenggam sampel katul yang ditawarkan kepada anda. Lalu genggam lagi sekeras mungkin sampel tersebut, kemudian buka genggaman anda. Jika sampel membentuk gumpalan katul dalam waktu relatif lama, maka bisa disimpulkan sampel anda mengandung sekam giling sangat sedikit alias banyak katulnya.
Tapi jika setelah digenggam tidak menggumpal, tapi malah ambyar (roboh), maka sudah pasti sampel anda didominasi sekam giling. Dengan catatan, kadar air sampel anda tidak lebih dari 12 %, jika tidak, maka faktor penggumpalannya akan dipengaruhi oleh air (masuk akal kan, heheh).
Selain itu, ciri fisik sekam giling sangat mudah dikenal, biasanya warna kuningnya lebih matang dari katul asli, katul asli biasanya lebih pucat karena faktor serpihan beras hasil gilingan. Selain itu, jika dipegang, sekam giling terasa lebih keras dan tajam di tangan. Nah, bagaimana, anda punya pengalaman lain yang bisa dibagi tentang uji sekam pada katul ?.. ^^

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...