TIPS PAKAN : Uji Kualitas Molasses/Tetes (2)

tetes molasses 2 Karena molasses adalah benda cair (liquid) yang kental, maka kekentalan itu sendiri dapat dijadikan dasar seberapa baik molasses yang ditawarkan suplier kepada anda. Prinsipnya, semakin kental molasses, maka umumnya semakin bagus, karena jika molasses yang ditawarkan kok terlihat cair, ada indikasi tetes sudah dioplos dengan air. Anda mau beli air sungai yang dioploskan suplier?..saya yakin anda tidak mau. Untuk menguji kekentalan molasses, anda dapat melihatnya dari nilai berat jenis (BJ) atau densitas molasses tersebut.
Cara berikut bisa anda lakukan dengan menggunakan alat bernama Density hydrometer (Gb 1). Caranya sangat simpel, anda sediakan molasses sebanyak 1-2 liter, tempatkan pada wadah yang agak tinggi seperti bekas botol air minum 1,5 literan atau ember air (Gbr 2).


density hydrometer uji tetes
Kemudian celupkan alat mulai dari bagian pemberatnya, amati pada angka skala berapa gerakan alat berhenti. Jika alat berhenti bergerak sebelum angka skala tercelup dalam molasses, maka nilai BJ molassesnya diatas 1-0,9gr/ml, molasses anda bagus karena lebih kental dari air, karena standar BJ air adalah 1gr/ml. Metode dengan alat ini memang sangat praktis, tapi kelemahannya adalah anda tidak bisa mengetahui dengan persis, berapa nilai BJ molasses yang ditawarkan kepada anda. Tapi untuk kebutuhan lapang, dengan metode ini dan metode organoleptik sudah relatif memadai. Bagaimana, apakah anda ada ide lain?..^^

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...